Pariwisata ke Kota Tua Batavia

Kota Tua Batavia dengan catatan sejarah panjangnya merupakan salah satu pilihan tujuan pariwisata dalam kota yang memiliki magnet tersendiri.

Berawal dari masa kolonial, wilayah ini merupakan pusat pemerintahan. Gedung Museum Sejarah Jakarta yang berdiri gagah, yang merupakan simbol Kota Tua, dahulu adalah Balai Kota. Sedangkan di depan Balai Kota tersebut tadinya merupakan taman yang sangat asri. Jadi tak heran jika pada masa lampau wilayah ini menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat kota pada masa itu.

Bentuk gedung Museum Sejarah Jakarta dan beberapa ornamen yang ada di depan gedung seperti meriam dan tempat keran air, menjadi obyek tersendiri yang menarik perhatian pengunjung.

Sebenarnya kawasan Kota Tua terhampar mulai dari wilayah pesisir di Pelabuhan Sunda Kelapa hingga menjalar ke pusat perekonomian yakni kawasan Glodok. Sedangkan Museum Sejarah Jakarta dan Taman Fatahillah adalah inti dari Kawasan Kota Tua.

Museum Sejarah Jakarta diapit oleh museum-museum yang ada di kawasan Kota Tua yang sangat sayang bila tidak dikunjungi. Di sisi kirinya, ada Museum Wayang yang dulunya merupakan gereja. Sedangkan di sisi kanan ada Museum Keramik dan Seni Rupa, serta di depan gedung museum ada Gedung Kantor Pos Indonesia.

Sekitar satu blok dari Museum Sejarah Jakarta juga ada museum perbankan yaitu Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri yang terletak berdampingan.

Berada tak jauh dari Museum Bank Indonesia tepatnya di Jalan Melak Nomor 7-9, Roa Malaka, juga terselip sebuah mini galeri yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yaitu Galeri Melaka. Mendekati pesisir juga masih ada bangunan bersejarah Museum Bahari dan Menara Syahbandar.

Lokasi yang masih di dalam kota Jakarta dan keberadaan museum – museum yang banyak menyimpan bukti sejarah, di tambah dengan  arsitektur bangunan-bangunan lain yang mengelilinginya membuat Museum Sejarah Jakarta menjadi salah satu tujuan pariwisata baik perorangan bersama keluarga ataupun kegiatan pariwisata dari sekolah – sekolah, membuat tidak mengherankan kalau pada hari-hari tertentu wilayah ini di penuhi oleh mobil pribadi dan bus pariwisata.

Dan jika anda berniat mengunjungi Museum Sejarah Jakarta dan membutuhkan armada pariwisata, baik itu bus pariwisata yang besar untuk acara-acara sekolah ataupun bus pariwisata dengan ukuran yang lebih kecil untuk acara keluarga, silahkan menghubungi kami, karena kami menyediakan bus pariwisata dengan bermacam ukuran, baik bus pariwisata yang besar dengan kapasitas 48/59, yang sedang dengan kapasitas 29/31, juga bus pariwisata yang kecil dengan kapasitas 12/15/17/19. Untuk info lebih lanjut, jangan pernah ragu untuk menghubungi kami.